Pencarian

Senin, 22 April 2013

MEMINTA MAAF

Ketika kita meminta maaf tapi tidak dimaafkan, kita
berusaha menyambung silaturrahim tapi orang itu cuek atau tidak mau, kita berbuat baik tapi orang lain itu berbuat jelek kepada kita, kita sabarin orang jahat pada diri kita, tapi kita di kerjain atau tetap dijahatin? insyaAllah kita akan selalu Mendapat pembelaan dari Allah ta'ala selama kita berusaha niat baik dan berbuat baik kepada siapa saja.

Al-Imam Muslim meriwayatkan hadits Abu Hurairah r.a bahwa ada seorang laki-laki berkata: ”Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku punya kerabat. Aku berusaha menyambungnya namun mereka memutuskan hubungan denganku. Aku berbuat kebaikan kepada mereka namun mereka berbuat jelek. Aku bersabar dari mereka namun mereka berbuat kebodohan terhadapku.” Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

لَئِنْ كُنْتَ كَمَا قُلْتَ فَكَأَنَّمَا تُسِفُّهُمُ الْمَلَّ وَلَا يَزَالُ مَعَكَ مِنَ اللهِ ظَهِيرٌ عَلَيْهِمْ مَا دُمْتَ عَلَى ذَلِكَ

“Jika benar yang kamu ucapkan maka seolah-olah kamu menebarkan abu panas kepada mereka. Dan kamu senantiasa mendapat penolong dari Allah atas mereka selama kamu di atas hal itu.” (HR. Muslim)

Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

“Sayangilah –makhluk– maka kamu akan disayangi Allah , dan berilah ampunan(maaf) niscaya Allah mengampunimu.” (Shahih Al-Adab Al-Mufrad no. 293)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar